APEL KERJA KE CAMAT BARENG : CAMAT USMAN, S.E., M.Si MENYAMPAIKAN PENTINGNYA NETRALITAS ASN DALAM PEMILU

Pada hari ini, tanggal 17 Januari 2024, Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang menyelenggarakan Apel Kerja di halaman kantor kecamatan. Acara ini dihadiri oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh jajaran pemerintah kecamatan,.

Dalam sambutannya, Camat Bareng, Bapak Usman, menekankan pentingnya netralitas ASN, terutama dalam menghadapi tahun politik menjelang Pemilihan Umum. Beliau menyampaikan bahwa ASN sebagai abdi negara memiliki tanggung jawab untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Camat Usman Menyuarakan Netralitas ASN:

Camat Bareng, Bapak Usman, menggarisbawahi bahwa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, ASN harus senantiasa menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis, terutama dalam konteks Pemilu. Hal ini sesuai dengan aturan dan etika pelayanan publik yang harus dijunjung tinggi.

Beliau menekankan bahwa ASN memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan keterlibatan dalam politik praktis dapat merusak citra keberlanjutan dan profesionalisme birokrasi. Netralitas ASN menjadi kunci untuk memastikan pelayanan publik yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat.

Apel Kerja Sebagai Wadah Penguatan Disiplin dan Etika ASN:

Apel kerja ini juga dijadikan wadah untuk memperkuat disiplin dan etika ASN di lingkungan kecamatan. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi seluruh ASN untuk bersatu dalam semangat pelayanan publik yang berkualitas dan netral.

Selain itu, Camat Bareng menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh ASN yang telah bekerja dengan dedikasi tinggi dalam melayani masyarakat. Beliau berharap semangat tersebut dapat terus ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan memberikan dampak positif bagi kemajuan kecamatan.

Pesan Bersama untuk Masyarakat:

Camat Bareng juga menyampaikan pesan bersama kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas dan harmoni dalam berbagai kegiatan sosial, terutama dalam konteks Pemilu. Masyarakat dihimbau untuk tetap fokus pada pembangunan dan berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang damai dan sejahtera.

Desa Pulosari Sukses Melaksanakan Suting “Mbangun Desa bersama TVRI Surabaya”

 

Pulosari,30 Desember 2023

Desa Pulosari dengan bangga melaporkan keberhasilan pelaksanaan sesi pengambilan gambar atau suting untuk program “Mbangun Desa bersama TVRI Surabaya,” sebuah acara yang bertujuan untuk mempromosikan pembangunan desa dan inisiatif positif dalam masyarakat. Sesi pengambilan gambar ini dilaksanakan di Desa Pulosari dan melibatkan kolaborasi antara TVRI Surabaya dan narasumber utama, Iwan Tuwanakotta.

PPK Kecamatan Bareng Melaksanakan Rapat Kordinasi dan Evaluasi

Pada hari Sabtu 23 Nopember 2023 , PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Bareng, di bawah kepemimpinan yang kuat dari Bapak Untung sebagai Ketua PPK, telah menggelar pertemuan penting untuk melakukan koordinasi dan evaluasi terkait penjaringan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di setiap desa di kecamatan Bareng.

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Untung menegaskan pentingnya kebersamaan dalam pelaksanaan tahapan pemilu. Beliau menyampaikan bahwa pemahaman atas proses pemilu telah tersebar dengan baik di kalangan PPS (Panitia Pemungutan Suara) setempat. Kebersamaan ini dianggap sebagai fondasi utama dalam menjaga integritas dan kelancaran pelaksanaan pemilu di kecamatan Bareng.

Bapak Untung juga menyampaikan apresiasinya terhadap dedikasi dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh PPS di setiap desa. Beliau meyakinkan bahwa dengan kerjasama yang baik, pelaksanaan pemilu akan berjalan lancar dan demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Camat Bareng, yang memberikan pengarahan terkait kesiapan Tempat Logistik di kecamatan. Camat menekankan pentingnya persiapan yang matang dan keamanan logistik untuk memastikan distribusi berjalan lancar dan aman. Hal ini menjadi prioritas utama untuk menjaga kelancaran setiap tahapan pemilu.

Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama dengan baik demi tercapainya pemilu yang bersih, adil, dan demokratis di kecamatan Bareng. PPK Bareng tetap membuka ruang komunikasi dan kolaborasi untuk memastikan suksesnya pesta demokrasi yang akan datang.

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DI PKK DESA PULOSARI

Pulosari, 14 Desember 2023 – PKK Desa Pulosari menggelar pelatihan public speaking sebagai bagian dari upaya meningkatkan keterampilan komunikasi masyarakat setempat. Pelatihan ini diadakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar dalam berbicara di depan umum.

Acara yang berlangsung pada Kamis 14 Desember 2023 ini dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Pelatihan ini difasilitasi oleh narasumber ahli dalam bidang public speaking, dengan tujuan utama memberikan keterampilan berbicara yang efektif dan meyakinkan.

Ketua PKK Desa Pulosari, Sri Kusumaning Budi, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program pengembangan diri yang bertujuan meningkatkan kapasitas anggota PKK dalam berkomunikasi dengan baik. “Kami percaya bahwa kemampuan berbicara di depan umum sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat lebih percaya diri dan mampu menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan meyakinkan,” ujar Sri Kusumaning Budi.

Selama pelatihan, peserta diajarkan berbagai teknik public speaking, termasuk penataan materi, penggunaan bahasa tubuh yang efektif, dan manajemen panggung. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk berlatih langsung melalui sesi simulasi dan mendapatkan umpan balik konstruktif dari narasumber.

Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam pelatihan ini. Semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Pulosari.

MANTAN KAPOLDA DIY IRJEN POL PURN HAKA ASTANA KUNJUNGI CANDI ARIMBI

 

Camat Bareng (USMAN, S.E., M.Si) bersama Kapolsek Bareng (AKP NANANG. S)  mendampingi Irjen Pol Purn Drs. R.M. Haka Astana Mantika Widya, S.H. beserta rombongan mengunjungi situs bersejarah di Desa Pulosari.

Di Desa Pulosari, mantan Kapolda DIY ini mengunjungi Candi Arimbi yang merupakan representasi Sang Dewi Tri Bunga Tunga Dewi , Candi Arimbi merupakan bangunan cagar budaya dari Jombang yang kondisinya paling baik dan tidak terkubur di dalam tanah. Kebanyakan, candi-candi di Jombang ditemukan dalam kondisi terkubur atau bahkan belum ditemukan kembali. Wajarlah, lokasinya yang ada di dataran tinggi cukup mengamankan tubuhnya dari terjangan bencana yang biasanya mengubur benda purbakala di dalam tanah

Disela – sela kunjungan beliau menyampaikan bahwa dari peninggalan – peninggalan yang ada di Jombang kita bisa berbangga bahwa tanah Jawa kaya akan kebudayaan.

Selama berkunjung ditempat bersejarah rombongan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dengan tetap memakai masker dan cuci tangan.

Selanjutnya Irjen Pol Purn Haka Astana beserta rombongan meyempatkan diri mampir di kantor desa pulosari. untuk diskusi sejarah dan memberikan motifasi kepada pemerintah desa pulosari.

Pertamina Buka Peluang Kemitraan Bisnis Pertashop

Pada tanggal 11 Juni 2020, Desa Pulosari mengadakan musyawarah desa untuk membahas Pembangunan Pertashop, yang diharapkan dapat memberikan tambahan Pendapatan Asli Desa. Dalam kesempatan tersebut, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa di seluruh Indonesia.

Dalam musyawarah desa tersebut, Pertamina menargetkan pembangunan satu outlet Pertashop di 3.827 kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur dari total 7.196 kecamatan di Indonesia. Fandy Nugroho, perwakilan Pertamina (Persero) SBM Rayon II, hadir untuk memfasilitasi perjanjian kerjasama antara Pertamina dan Pemerintah Desa Pulosari. Perjanjian tersebut langsung diterima oleh Kepala Desa Pulosari, Nefi Ufus Solikah.

Pertamina memiliki komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop, dengan memberikan prioritas kepada lembaga desa sebagai pengelola Pertashop. Hal ini sejalan dengan Program Pertamina One Village One Outlet, yang bertujuan untuk menciptakan pusat ekonomi baru di tingkat desa.

Pertashop diharapkan dapat menyediakan produk dengan harga dan kualitas yang dijamin sama. Dengan konsep ini, diharapkan keberadaan Pertamina dapat memberikan manfaat yang lebih terasa dalam menyebarkan energi dengan harga dan kualitas yang terjangkau bagi masyarakat setempat.

Sejumlah 168 KK Pembagian BLT DD Ke Warga Pulosari Berjalan Lancar

Pada tanggal 20 Mei 2020, acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang berjalan dengan aman dan tertib. Sebanyak 168 warga desa Pulosari menerima manfaat dari program ini.

Kegiatan pembagian BLT DD dilaksanakan di balai desa dengan melakukan klasterisasi pada tiga dusun. Kepala Desa Pulosari, Nefi Ufus Solikah, memberikan himbauan kepada penerima bantuan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Beliau menekankan agar bantuan tersebut digunakan dengan bijak, terutama untuk keperluan sehari-hari, khususnya kebutuhan sembako.

Pada acara tersebut, turut hadir beberapa pejabat dan perwakilan, antara lain Camat Bareng, Kapolsek Bareng, Bhabinkamtibmas Polsek Bareng, Babinsa, BPD, Kadus, RT, dan perangkat desa lainnya. Kepala desa juga menyampaikan pesan agar masyarakat memanfaatkan BLT DD dengan bijak dan bertanggung jawab.

Untuk memudahkan pengawasan dan transparansi dalam penyaluran bantuan, Pemerintah Desa Pulosari melakukan langkah strategis dengan memberikan label stiker pada setiap rumah penerima KPM BLT DD. Tindakan ini diambil sebagai upaya untuk membedakan bantuan tersebut, mengingat BLT DD bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan korelasi bersama dalam memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat setempat.