FISTIFAL ARIMBI BERCERITA

Pulosari Jumat, 25 Maret 2022 Hadir dalam kegiatan Kirap Budaya dan Pembukaan Festival Arimbi Bercerita,Wakil Bupati Jombang Bpk.Sumrambah S.t.M.a.p,Camat Bareng Bpk Usman S.E.Msi,Danramil 0814/16 Bareng yang di wakilkan Pelda Hermawan,Kapolsek Bareng AKP Nanang Sujianto SH,Kepala desa Pulosari dan perangkat desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Undangan.

Gelaran Kirap Budaya dan Pembukaan Festival Arimbi Bercerita berada di komplek Candi Arimbi dan bertempat di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang, kegiatan ini diikuti oleh warga masyarakat Desa Pulosari dari 23 RT.

Dalam pembukaan Arimbi Bercerita, Wakil Bupati Jombang Sumrambah mengatakan “Bahwa candi Arimbi ini sebuah sejarah, ini adalah bukti otentik terhadap kebesaran bangsa kita. Kalau menurut BPCB Jawa Timur, bahwa candi Arimbi dibangun di kisaran tahun 1.300. artinya 700 ratus tahun silam disini sudah ada kehidupan yang luar biasa,”

Candi Arimbi, sebagian mengartikan bahwa ini adalah simbolisasi dari ‘Tribuana Tunggal Dewi’. Beliau merupakan tokoh perempuan yang luar biasa di Kerajaan Majapahit kala itu, yang meletakkan dasar kebesaran Majapahit hingga akhirnya bisa menyatukan Nusantara.
“Sebab itu kita berharap festival Arimbi Bercerita ini bukan sekedar pameran ingin ramai, bukan sekedar karnaval, tapi kita bisa mengambil ruh nya atau tentang ruh kebesaran bangsa kita dan kejayaan Majapahit,” jelasnya.

Lanjut Wabup, harapan besar masyarakat agar termotivasi untuk mengembalikan kejayaan & kebesaran tersebut.
“Ini harus kita lakukan bersama, tidak hanya terjadi di tahun ini saja, namun kalau bisa seterusnya ada festival tahunan dari Arimbi Bercerita. Kalau ini Istiqomah ini bukan sekedar menguatkan sisi budaya tapi juga menguatkan sisi ekonomi masyarakat,” tuturnya.

ia menyampaikan sangat berterima kasih kepada pemerintah desa pulosari kecamatan bareng, dan seluruh elemen masyarakat pulosari.
“Insyaallah semoga ini akan membawa ketentraman bagi kita semua. Tujuannya agar kita bisa melakukan sesuatu demi bangsa dan negara kita,” pungkasnya.

Dalam pagelaran festival ini, peserta membawa arak-arakan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur dan pagelaran seni budaya dengan menggunakan kostum pewayangan dan ratu khas kerajaan zaman dulu. Para sesepuh biasa menyebut itu sebagai pusaka asli dari desa ini.

Untuk diketahui, Festival Arimbi Bercerita sendiri akan digelar mulai tanggal 25 – 28 Maret 2022. Selama kegiatan berlangsung, beberapa agenda digelar mulai dari pameran pusaka hingga workshop pengembangan kebudayaan.

Facebook
Twitter
LinkedIn